CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

background

Senin, 10 Februari 2014

pengertian aurora


Aurora (atau "aurora polaris") adalah sebuah fenomena alam yang bebentuk cahaya yang memiliki kecerahan atau pencahayaan yang muncul di langit malam, aurora sering terhadi di daerah kutub, tetapi dapat muncul di tempat lain atau di belahan dunia lain dalam jangka waktu yang singkat. Di belahan bumi utara dikenal sebagai aurora borealis, dan di belahan bumi selatan dan aurora australis, dinamai Aurora berasal dari nama dewi fajar Romawi yaitu aurora, dan Boreas berasal dari bahasa Yunani, yang berarti utara, karena di Eropa sering muncul di langit cakrawala yang memiliki rona kemerahan seolah-olah matahari muncul dari arah yang tidak biasa.

Aurora borealis terlihat saat bulan Oktober sampai Maret, tetapi aurora juga bisa muncul di bulan-bulan lainnya, selama suhu atmosfer cukup rendah. Bulan-bulan terbaik adalah bulan Januari dan Februari karena selama bulan-bulan tersebut suhu di kutub lebih rendah. Setara dalam lintang, aurora australis, memiliki sifat yang mirip dengan aurora borealis.

Fenomena aurora ini tidak terbatas pada Bumi. Planet lain di tata surya menunjukkan fenomena yang mirip, seperti Jupiter dan Saturnus memiliki medan magnet kuat dari Bumi (Uranus, Neptunus dan Mercury juga memiliki medan magnet), dan keduanya memiliki sabuk radiasi yang besar. Aurora telah diamati di kedua planet menggunakan teleskop Hubble.

Aurora tampaknya disebabkan oleh angin matahari, di samping itu, satelit Jupiter, merupakan sumber penting dari aurora. Hal ini terjadi karena arus listrik di sepanjang garis yang dihasilkan oleh mekanisme dinamo disebabkan oleh gerakan relatif antara planet dan satelitnya.

Aurora telah terdeteksi di Mars oleh pesawat ruang angkasa Mars Express, untuk beberapa pengamatan dilakukan pada tahun 2004 dan dipublikasikan setahun kemudian. Mars tidak memiliki medan magnet mirip dengan Bumi, tetapi memiliki medan lokal yang mengakibatkan munculnya aurora di planet ini. 
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar