CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

background

Kamis, 03 Januari 2013

legenda putri kembang dadar

PUTRI KEMBANG DADAR 
Legenda cerita dari Sumatra Selatan 

Kisah memperebutkan Putri Kembang Dadar (Monica Oemardi) yang penuh perkelahian. Anak Mayangsari (Telly Hendriana) dan Demang Lebardaun (Yan Bastian) ini berkasihan dengan Burhan (Harry Capri), anak orang kebanyakan. Demang tak suka, maka Burhan diminta pergi dari kampung itu. Burhan pergi dan hendak bunuh diri, tapi ditolong seorang kakek sakti yang lalu mengajarinya silat. Sementara itu dua Demang lain melamar Putri dengan paksa tapi dikalahkan. Kemudian datang dua pendekar sangat sakti yang juga ingin mengawini Putri. Karena merasa tak mampu, Demang Lebardaun bersiasat. Ia mengadakan sayembara. Yang bisa mengalahkan dua pendekar sakti akan jadi suami Putri. Lalu ia dan seluruh penduduk mengungsi, sementara Putri disembunyikan dalam sebuah guci yang ditanam dalam tanah bersama guci yang berisi gadis lain untuk memperdaya. Dua pendekar tadi hampir menemukan guci, ketika Burhan datang. Perkelahian panjang terjadi sebelum akhirnya Burhan menang. Burhan tak mau diberi hadiah Putri, tapi sang Putri justru menyongsongnya. 

Aslinya: 

Cerita tentang Putri Kembang Dadar adalah cerita Rakyat yang melegenda, sampai saat ini masih sering di singgung. 

Bahkan sekarang ini Pemda setempat sudah membuat sebuah Kapal Pesiar bernama Putri Kembang Dadar sebagai Kapal Wisata di Sungai Musi. 

Bahkan Lokasi Makam para raja-raja dan keluarganya di Bukit Siguntang sudah dimanfaatkan sebagai objek wisata. 

Daerah ini terletak di atas 27 meter dari permukaan laut tepat di kelurahan Bukit lama. Tempat ini sampai sekarang masih tetap dikeramatkan karena disini terdapat beberapa makam diantaranya: 1. Raja Si Gentar Alam 2. Putri Kembang Dadar 3. Putri Rambut Selako 4. Panglima Bagus Kuning 5. Panglima Bagus Karang 6. Panglima Tuan Junjungan 7. Panglima Raja Batu Api 8. Panglima Jago Lawang Berdasarkan hasil penemuan pada tahun 1929 di sekitar bukit ini telah ditemukan sebuah patung (Arca) Budha bergaya seni Amarawati yang raut wajah Srilangka berasal dari abad XI masehi yang sekarang diletakan di Halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Kiat dapat melihat panorama kota Palembang dari ketinggian Bukit Siguntang dengan menempuh kenadaraan umum jurusan Bukit Besar. 

KOTA Palembang, Sumatra Selatan, kaya dengan sejarah yang mengagumkan. Mulai dari Benteng Kuto Besak yang dibangun oleh rakyat, bukan bangsa Belanda hingga Obyek Wisata Bukit Siguntang. Uniknya, benteng yang dibangun Sultan Mahmud Badaruddin I kini berubah fungsi menjadi kawasan instansi militer Kesehatan Daerah Militer II Sriwijaya. Sementara di Bukit Siguntang ada makam Putri Kembang Dadar. Menurut Sulaiman, penjaga makam, Kembang Dadar adalah putri yang memiliki kesaktian mandraguna. Wanita keturunan Tionghoa yang memeluk agama Islam itu meninggal dalam keadaan masih suci. Banyak orang berdoa di sana agar cita-citanya bisa terwujud. Putri Kembang Dadar hanya segelintir sejarah unik Kota Palembang. Ada pula replika relief di sana. Di atas batu sejarah itu terukir kisah betapa Indonesia dikenal memiliki kekuasaan dan budaya tinggi di Asia. Tokoh sejarah Cheng Ho, kekaisaran Cina yang terkenal di Semarang pun menorehkan kisah luar biasa di Palembang. Sosok Cheng Ho terukir indah di batu prasasti di sana.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar