CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

background

Rabu, 19 Maret 2014

hidrosfer



                Hidrosfer berasal dari kata hidros = air dan sphere = daerah atau bulatan. Hidrosfer dapat diartikan daerah perairan yang mengikuti bentuk bumi yang bulat. Daerah perairan ini meliputi samudera, laut, danau, sungai, gletser, air tanah, dan uap air yang terdapat di atmosfer. Diperkirakan hampir tiga perempat atau 75 % muka bumi tertutup oleh air. Jadi dapat dikatakan bumi kita ini adalah planet air.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVrs_mDReq5AO9wXt_wwP62GtQP6yAW4nUle4Pn6nOSZfcls9qwkOF9r3u5Ochz34HvPMVRhGpU3AkgfV229vNWPUzNd2CQILDUNunvWA-q-qZPWG1Ol8hqWTpUnUuc6VNLyD69z3eTaey/s320/siklus-hidrologi111.jpg
Air di bumi memiliki jumlah yang tetap dan senantiasa bergerak dalam suatu lingkaran peredaran yang disebut dengan siklus hidrologi, siklus air atau daur hidrologi.
 Persentase luas permukaan laut dan luas permukaan daratan
Di belahan bumi utara dan selatan.
BELAHAN BUMI
LUAS LAUTAN (%)
LUAS DARATAN (%)
Utara
Selatan
61
81
39
19
Untuk keperluan pemahaman praktis dalam mempelajari tentang air diperlukan beberapa cabang ilmu, antara lain sebagai berikut :
  • Hidrometeorologi, yaitu ilmu yang mempelajari hubungan antara unsur2 meteorologi dan siklus hidrologi yang ditekankan kepada hubungan timbal balik.
  • Potamologi, yaitu ilmu yang mempelajari air yang mengalir di permukaan tanah, baik yang melalui saluran, maupun yang tidak melalui saluran.
  • Geohidrologi, yaitu ilmu yang mempelajari keberadaan, persebaran, dan gerak air di bawah permukaan tanah.
  • Limnologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk air yang berada di danau.
  • Oseanologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang keadaan air di lautan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar